Rabu, 09 Oktober 2013

Istilah Alat pertama Yang Harus Diketahui Sebelum Mendirikan Warnet



memang sangat perlu untuk saya bagikan kepada sobat yang mempunyai niatan ingin mendirikan usaha warnet sendiri. Pemikiran saya pada dasarnya adalah berawal Dari diri saya sendiri mengingat kala itu belum mengerti sama sekali istilah apa saja rule harus disiapkan sebelum memulai membangun warnet sendiri tanpa bantuan orang lain, yaa mungkin hampir sama dengan teman teman untuk saat ini yang sedang sibuk mencari bahan refrensi pendirian warnet.

Meskipun kita memahami secara mendetail mengenai perangkat keras dan perangkat lunak komputer, belum tentu kita bisa menyettingnya untuk bisa menjadi warnet pribadi. Sebab apa yang kita ketahui tentang perangkat keras dan lunak komputer, kebanyakan semuanya bersifat offline dalam artian tidak membutuhkan jaringan web sama sekali. Dengan dasar ini juga saya mencoba membagikan informasi tentang
Istilah Alat pertama Yang Harus Diketahui Sebelum Mendirikan Warnet

Oke tidak usah panjang lebar lagi, langsung saja pada pembahasan. Jika sobat ingin mendirikan usaha warnet sendiri dengan mudah, setidaknya sobat harus mengetahu dulu istilah sebagai berikut :

Modem. Kabel LAN, RJ45, Tang Crimping, Switch Hub, Billing, Mikrotik, IP, DNS

Kurang Lebih Penjelasannya sebagai berikut :

MODEM ;

Ialah alat rule digunakan untuk mendapatkan suatu jaringan web Dari supplier rule adenosine deaminase Di land atau supplier lainnya yang berada di luar negri. Secara ilmiah electronic equipment adalah singkatan Dari Modulator detector, yakni perangkat keras rule sering digunakan sebagai alat komunikasi pada komputer.
Alat mendirikan warnet
Untuk pemasangan modem ini kita bisa menghubungi pihak penyedia jaringan internet (ISP) yang sudah ada seperti PT.Telkom Indonesia Tbk, BIT.Net, BIZ.Net, DNET.Net, Indica, Dan Lain - lain. Modem akan diberikan pihak penyedia ketika kita datang untuk meminta pemasangan jaringan internet untuk warnet kita nantinya. Dan biasanya modem di dapat secara gratis selama masa promosi pemasangan melewati batas. Katakan promosi yang ditawarkan penyedia selama 3 bulan pemasangan internet dengan diskon pembayaran 50%, maka modem itu bisa kita peroleh secara cuma - cuma apabila kita sudah melewati batas 3 bulan, jika tidak mencapai 3 bulan kemudian kita punya niatan ingin memutus jaringan, maka biasanya modem itu akan di tarik kembali.
KABEL LAN ;
Kabe Lan adalah nama umum yang sering disebut oleh pengguna internet yang menggunakan Kabel penghubung untuk mendapatkan jaringan internet. Kabel LAN ini nantinya akan digunakan untuk menghubungkan antara Modem, Switch Hub dengan komputer sehingga bisa terkoneksi dengan jaringan internet. Sebenarnya Kabel LAn ini berasal dari nama Kabel Straigh atau Crossover. Lebih jelasnya silahkan baca artikel Cara Mudah Setting Kabel LAN Straigh Atau Croossover
Alat mendirikan warnet 
untuk susunanya sebagai berikut :


RJ45 ;
Ialah semacam pin yang dipasang di kedua sisi Kabel Lan dengan menggunakan alat yang bernama Tang Crimping. 
istilah Alat mendirikan warnet
istilah yang harus diketahui untuk mendirikan warnet
SWITCH HUB ;
Ialah alat yang digunakan untuk menghubungkan Kabel LAN yang sudah dipasang RJ45 tadi dengan Modem. Bentuknya hampir sama dengan modem tetapi fungsinya berbeda, ada beberapa port yang digunakan untuk menyambungkan Kabel Lan.
istilah yang harus diketahui untuk mendirikan warnet
BILLING ;
Ialah perangkat lunak utama yang wajib ada dalam komputer server dan client sebagai penghitung biaya pemakaian client selama berselancar di dunia maya. Ada banyak jenis billing yang bisa digunakan seperti sombrero net biling,billing explorer, indobilling, cyberbilling, smartbilling, dan inilah biling yang saya gunakan adalah SNB sombrero net biling :


MIKROTIK ;
Ialah alat pintar yang digunakan untuk membagi bandwitch client secara rata agar tidak terjadi simpang siur bandwitch ketika ada salah satu client sedang download. Dengan adanya Mikrotik ini kemungkinan stabilitas jaringan bisa terjaga.
istilah yang harus diketahui untuk mendirikan warnet
IP & DNS ;
Untuk masalah ini kalian jangan kawatir. Jika kita menggunakan penyettingan default dari provider yang kita pakai, secara otomatis kita akan dibantu oleh pihak penyedia mengatur IP sekaligus DNS. beda lagi kalau ita menggunakan mikrotik, maka harus mengatur lagi untuk bisa terhubung antara mikrotik, modem dan juga switch hub. lebih jelasnya silahkan baca artikel tentang setting mikrotik.

Naaah jika dirasa kita sudah tau dan memahami istilah alat yang telah dijelaskan di atas tadi, cepat bergegas dan mulailah merancang warnet sendiri dengan mudah. Semoga Artikel ini bisa memberikan kemantapan pada sobat semua. Semoga bermanfaat.
salam sukses mamo.net

0 komentar: